SOAL USBN SEJARAH PEMINATAN (2) - InfoMerdekaBelajar. |

Postingan populer

Kamis, April 21, 2022

SOAL USBN SEJARAH PEMINATAN (2)

 1. Perhatikan gambar berikut!













Dari gambar tersebut, kita dapat menyimpulkan bahwa salah satu konsep perubahan sejarah ....

A. ruang

B. waktu

C. kontinuitas

D. tempat

E. kredibilitas


2. Peristiwa sejarah tidak terlepas dari tiga dimensi waktu yang saling terkait yaitu masa lampau, kini dan akan datang. Berkaitan dengan dimensi waktu, dalam ilmu sejarah dikenal dengan konsep berfikir diakronis. Penerapan konsep berfikir tersebut dalam penulisan sejarah ....

A. mencari waktu yang tepat untuk menulis sejarah

B. bersifat kronologis atau memanjang dalam waktu

C. karya sejarah membahas kehidupan waktu lampau

D. bersifat anakronisme, mengabaikan urutan waktu 

E. bersifat dialogis dari cerita para pelaku sejarah 

3. Sejarah sebagai seni mengacu pada cara penulisan sejarah yang dilakukan oleh sejarawan sama dengan seorang sastrawan dalam menghasilkan karyanya. Keduanya dipengaruhi oleh faktor ilham, imajinasi, perasaan dan gaya bahasa.  Namun demikian seorang sejarawan tidak sebebas sastrawan dalam menggunakan faktor tersebut karena dalam upaya mengedepankan obyektifitas, seorang sejarawan dalam menghasilkan karyanya  mengacu pada...

A. pandangan pribadi yang digunakan sejarawan

B. kebenaran yang dipesan pemerintah yang berkuasa

C. pandangan politik yang diyakini sejarawan tersebut

D. ketepatan dalam menggunakan data dan fakta sejarah

E. keseimbangan daya khayal dengan sumber sejarah


4. Perhatikanlah hal-hal berikut ini!

1) rekaman dari video.

2) berita dalam media massa.

3) rekaman suara.

4) iklan dan pamphlet dalam media cetak.

5) cerita dari istri atau suami pelaku terkait peristiwa.

6) cerita dari pelaku sejarah


 Hal-hal di atas yang termasuk dalam sumber primer adalah nomor …. 

A. 1), 2), 3), dan 4)

B. 1), 2), 4), dan 5)

C. 1), 3), 5), dan 6)

D. 2), 3), 4), dan 6)

E. 2), 4), 5), dan 6)


5. Dalam melakukan penelitian sejarah seorang sejarawan harus mengikuti langkah-langkah penelitian sejarah. Di antara langkah-langkah tersebut salah satunya Heuristik. Heuristik adalah tahap mencari, menemukan, serta mengumpulkan sumber-sumber atau berbagai data yang relevan dengan topik penelitian. Hal ini dilakukan guna mengetahui  segala bentuk peristiwa atau kejadian sejarah masa lampau. Jika seorang sejarawan ingin melakukan penelitian tentang peran tokoh tertentu dalam reformasi di Indonesia maka untuk mendapatkan sumber yang relevan dapat dilakukan menggunakan metode …. 

A. melakukan wawancara guna melengkapai data yang ada

B. mengunjungi situs-situs bersejarah tentang reformasi

C. studi pustaka untuk membandingkan penelitian lainnya

D. pengecekan terhadap berbagai sumber yang telah dihimpun

E. identifikasi terhadap sumber sejarah yang telah dikumpulka


6. Perhatikan ciri-ciri berikut !

(1) Budayanya sangat primitif dan sederhana

(2) Peninggalan merupakan kebudayaan tertua

(3) Alat-alat kehidupannya berupa kapak genggam

(4) Sudah mengenal bercocok tanam

(5) Manusianya tinggal digua-gua


Ciri kehidupan manusia praaksara masa Paleolitikum ditunjukkan pada nomor ....

A. (1), (2), dan (3)

B. (1), (2), dan (4)

C. (1), (3), dan (5)

D. (2), (4), dan (5)

E. (3), (4), dan (5)


7. Pada zaman neolithikum telah terjadi revolusi kebudayaan. Mata pencaharian telah mengalami perubahan dibanding masa-masa sebelumnya, yaitu .... 

A. mencari ikan dan binatang laut lainnya 

B. berburu dan meramu makanan tingkat awal

C. ketrampilan dalam mengecor logam

D. berburu dan meramu makanan tingkat lanjut

E. bercocok tanam dengan cara berladang



8. Salah satu ciri terpenting kehidupan manusia pada masa Neolithikum adalah terjadinya revolusi kehidupan yaitu adanya perubahan dalam  sistem mata pencaharian yang dilakukan manusia manusia purba, yaitu dari  ...

A. berburu dan meramu tingkat awal ke tingkat lanjut

B. penggunaan alat batu kasar ke batu yang dihaluskan

C. berburu dan meramu ke mata pencahrian mencari ikan

D. berburu dan meramu makanan ke kegiatan pertukangan

E. berburu dan meramu makanan ke sistem bercocok tanam


9. Peradaban Cina Kuno meninggalkan ajaran-ajaran filsafat yang sangat berpengaruh sampai dengan hari ini. Salah satu filsuf Cina Kuno yang sangat berpengaruh adalah ajaran filsafat Meng Tse yang berisi tentang ….

A. Semua tidak boleh menyimpang dari fungsi tempatnya

B. Jadilah kepala negara, menteri, bapak, dan anak yang baik

C. Keharusan rakyat memperingatkan pemerintah jika pemerintah tidak peduli dengan rakyatnya

D. Menjalankan kewajiban yang masing-masing sesuai dengan konsep “kao pu shniao”

E. Tidak berbuat sesuatu yang bertentangan dengan kodratnya


10. Sarjana Romawi adalah sarjana yang ahli terapan yang berhasil menerapkan teori yang dikembangkan sarjana-sarjana Yunani. Keahlian dalam ilmu terapan tersebut bangsa Romawi dikenal sebagai organisator yang ulung. Hal ini tampak dalam bidang ...

A. perekonomian dan tata negara

B. kesenian dan sistem pemerintahan

C. tata negara dan ilmu pengetahuan

D. Tata busana dan tata negara

E. pembangunan dan perekonomian


11. Kerajaan Mataram Kuno merupakan kerajaan agraris yang memiliki wilayah subur karena dilalui oleh sungai-sungai besar. Sungai-sungai besar tersebut bagi kerajaan difungsikan untuk ….

A. sebagai benteng pertahanan

B. mencegah terjadinya banjir

C. sarana transportasi dan irigasi

D. kebutuhan rumah tangga warga

E. dibuat bendungan pencegah banjir


12. Kerajaan Majapahit sebagai salah satu dari kerajaan maritim Hindu-Buddha di Nusantara memiliki banyak keragaman diantaranya penganut agama yang berbeda. Meskipun demikian rakyat Majapahit dapat hidup rukun dan berdampingan. Raja selalu berusaha agar ketentraman masyarakatnya dapat berjalan baik sehingga keragaman dalam keharmonisan dari masyarakat kerajaan Majapahit berpengaruh hingga saat ini dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika. Dampak keragaman tersebut terhadap kehidupan masyarakat Indonesia masa kini adalah ....

A. hidup saling berdampingan antarpenduduk sehingga berpengaruh terhadap kelangsungan sistem pemerintahan

B. Indonesia menjadi bangsa yang besar dan kuat karena selalu menjaga kerukunan antarsuku bangsa

C. terciptanya keharmonisan dalam persamaan antarpenduduk terutama pada sistem pertahanan dan keamanan negara

D. munculnya sikap toleransi dan empati dari masyarakat yang berbeda latar belakang status 

E. keragaman antarpenduduk berpengaruh terhadap penyelenggaraan pembangunan nasional


13. Aufklarung adalah kata jerman yang berpadanan dengan kata Inggris anlightenment yang berarti pencerahan, penerangan. Aufklarung merupakan kelanjutan dari Renaisance, dan untuk mewujudkan cita-cita Renaisance tersebut.  Dengan demikian aufklarung menekankan pada ....

A. semata-mata untuk melestarikan adat dan tradisi 

B. semangat mempertahankan  kepercayaan tradisional

C. akal pikiran yang selaras dengan kepentingan gereja

D. memberikan kedudukan yang tinggi pada akal budi

E. tidak bebas  dalam menggunakan akal pikiran

14. Perhatikan pernyataan di bawah ini!

1) Pemerintah kolonial Inggris menerapkan berbagai macam pajak yang memberatkan rakyat Amerika.

2) Pemerintah Inggris mengurangi pajak kepada rakyat Amerika

3) Sikap represif pemerintah koloni Inggris di Amerika. 

4) Munculnya paham liberalisme di kalangan rakyat Amerika. 

5) Adanya sikap tidak puas rakyat Amerika terhadap kebijakan pemerintah kolonial Inggris.

Dari pernyataan di atas, yang bukan merupakan sebab ternjadinya Revolusi Amerika adalah ….

A. 1

B. 2

C. 3

D. 4

E. 5


15. Revolusi Prancis terjadi pada tahun 1789-1815. Revolusi ini terjadi karena ketidakpuasan sebagian besar masyarakat Prancis terhadap sistem pemerintahan yang Absolute. Dampak pengaruh revolusi Prancis terhadap Indonesia adalah ….

A. Berkembangnya paham marxisme dan sosialisme

B. Munculnya ISDV (Indische Sociaal Democratische Vereeniging)

C. Berkembang pesatnya koalisi mencari sekutu

D. Munculnya kebangkitan nasional yang dipelopori Budi Utomo, Sarekat Islam dan Indische Partij

E. Munculnya revolusi Agraria di Indonesia


16. Perang Dunia ke II menyebabkan dampak yang sangat luas dalam berbagai bidang. Salah satu dampak di bidang politik adalah munculnya bangsa-bangsa yang memerdekakan diri. Bangsa-bangsa yang baru merdeka ini pada kenyataanya dibayangi dua negara Adikuasa dengan ideologi masing-masing. Adapun dua negara tersebut mengusung paham demokrasi liberal dan sosialis komunis tersebut adalah ….

A. Amerika Serikat dan Uni Soviet

B. China dan Inggris

C. Amerika Serikat dan China

D. Inggris dan Uni Soviet

E. Jerman dan Italia


17. Perhatikan gambar berikut!


  Tokoh ini diberi tugas membawa misi diplomatik pengakuan kemerdekaan Indonesia, sehingga Indonesia mendapat pengakuan dari Mesir, Suriah, Irak, Afghanistan, dan Arab Saudi adalah ....

A. Sumitro Djojohadikusumo

B. LN Palar

C. Sutan Syahrir

D. A.A Maramis

E. Agus Salim


18. Sumpah Pemuda merupakan hasil konngres pemuda II pada tahun 1928. Sumpah Pemuda memiliki makna yang luar biasa bagi bangsa Indonesia. Adapun makna Sumpah Pemuda bagi pemuda pada saat ini adalah ....

A. merupakan pendobrak lahirnya rasa persatuan dan kesatuan bangsa

B. menumbuhkan rasa cinta terhadap tanah air dan bangsa Indonesia

C. sumpah pemuda merupakan sejarah awal lahirnya persatuan bangsa

D. merupakan tonggak sejarah yang malahirkan semangat nasionalisme

E. berloma-lomba untuk meningkatkan kesadaran berbuat yang lebih baik


19. Gagalnya petisi Sutarjo merupakan tantangan bagi para tokoh pergerakan nasional. Untuk mengatasi hal itu, para tokoh pergerakan membentuk Gabungan Politik Indonesia (GAPI) pada tanggal 21 Mei 1939 yang menuntut “ Indonesia berparlemen “. Atas tuntutan GAPI tersebut pemerintah kolonial mengeluarkan kebijakan tentang ....

A. pembentukan komisi Visman 

B. pembubaran organisasi GAPI 

C. GAPI dinyatakan terlarang 

D. tokoh-tokoh GAPI ditangkap 

E. pembentukan dewan rakyat 


20. Partai Nasional Indonesia (PNI) merupakan salah satu organisasi pergerakan nasional yang berdiri pada tanggal 4 Juli 1927. Organisasi ini didirikan oleh Ir. Soekarno dan merupakan organisasi modern yang bercorak nasional dan radikal. Organisasi ini menerapkan strategi dengan memadukan semangat kebangsaan menjadi kekuatan nasional. Hal ini dilakukan oleh PNI, karena ….

A. organisasi PNI ingin meningkatkan derajat bangsa Indonesia 

B. PNI menjadi wadah perjuangan bagi kaum nasionalis bangsa

C. PNI merupakan langkah bagi kaum nasionalis dalam berjuang

D. organisasi ini mewakili kaum nasionalis untuk melawan

E. sasaran pokok dari organisasi PNI adalah Indonesia Merdeka


21. Kebijakan pertama yang dilakukan Dai Nippon (pemerintah militer Jepang) adalah melarang semua rapat dan kegiatan politik dan membentuk organisasi propaganda seperti Gerakan 3A dan PUTERA. Dampak positif secara tidak langsung pendudukan Jepang bagi bangsa Indonesia pada bidang politik ....

A. nasionalisme berkembang melalui organisasi yang didirikan Jepang

B. Jepang tidak melakukan diskriminasi terhadap kegiatan organisasi politik

C. para pemuda bersikap anti kapitalis sekaligus anti fasisme

D. para pegawai pemerintah tetap mempertahankan sifat konservatif.

E. rakyat Indonesia lebih sejahtera di bawah pemerintah pendudukan Jepang


22. BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia) merupakan lembaga bentukan Pemerintah Pendudukan Jepang. Lembaga ini merupakan wadah berkumpulnya  pendiri bangsa untuk merumuskan dasar Negara. Adapun tujuan didirikannya ....

A. Menunjukkan kepada rakyat Indonesia bahwa janji kemerdekaan benar-benar akan dilaksanakan

B. Menguji kemampuan bangsa Indonesia mempersiapkan kemerdekaan

C. Menunjukkan bahwa Jepang simpati terhadap  perjuangan bagsa Indonesia

D. Menarik simpati bangsa Indonesia terhadap Jepang

E. Menguji sikap mental bangsa Indonesia terhadap Jepang


23. Proklamasi Kemerdekaan Indonesia belum mengantarkan Indonesia memiliki kedaulatan penuh atas negaranya. Terjadinya Agresi Militer I dan II di Indonesia oleh Belanda telah menarik perhatian India dalam mendukung perjuangan Indonesia dalam mempertahanakan kemerdekaan. Dukungan India terhadap kemerdekaan Indonesia tidak terjadi secara spontanitas bermula dari simpati India saat memberikan bantuan beras kepada India. Respon India terhadap kemerdekaan Indonesia ....

A. India memberikan dukungan penuh terhadap perjuangan bangsa Indonesia akibat Agresi Militer II Belanda 

B. India bersimpati terhadap perjuangan kemerdekaan Indonesia dengan memasok kebutuhan hidup sehari-hari seperti beras dan pakaian 

C. India menjadi negara mengecam aksi Agresi Militer I dengan menuduh Belanda melakukan agresi militer terhadap Indonesia 

D. India mendukung penuh perjuangan bangsa Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaannya dengan dukungan PBB 

E. India mengupayakan para petinggi Indonesia untuk melakukan diplomasi dengan negara Amerika dan Uni Soviet yang saat itu berkuasa agar dapat membantu Indonesia melawan Belanda



24. Mesir merupakan negara yang pertama mengakui kemerdekaan Indonesia. Hal ini mendorong kedua negara menjalin kerja sama, salah satu buktinya pemerintah RI mendirikan kedutaan di negara Mesir. Faktor yang menyebabkan negara Timur Tengah itu mengakui kedaulatan RI antara lain ....

A. sebagai balas budi Mesir karena Indonesia yang mengakui kemerdekaan Mesir

B. karena banyak orang Indonesia yang berkiprah di bidang politik di negara Mesir

C. sebagian besar penduduk Indonesia keturunan ras yang sama dengan Mesir

D. sama-sama sebagai negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam

E. karena perekonomian Mesir sebagaian besar ditopang dari penduduk Indonesia


25. UNCI merupakan organisasi mediasi (arbitrase) bentukan PBB yang bertugas menangani konflik Indonesia-Belanda. Organisasi mediasi yang merupakan kelanjutan dari KTN tersebut dalam melaksanakan tugasnya yaitu .... 

A. pembentukan operasi militer

B. penyelesaian secara damai

C. penyelesaian secara militer

D. membantu agresi militer

E. penentuan pendapat rakyat


26. Perhatikan posisi Indonesia pada masa Perang Dingin !





Posisi netral Indonesia ini karena....

A. Amerika Serikat tidak memberikan bantuan ekonomi terhadap Indonesia

B. Indonesia menganut politik luar negeri bebas aktif

C. Uni Soviet menganggap Indonesia memiliki potensi sumber daya manusia

D. Indonesia merasa belum sejajar dengan negara-negara yang terlibat dalam Perang Dingin

E. Indonesia menerapkan kebijakan politik dan ekonomi mandiri


27. Pada masa Orde Baru, untuk meningkatkan produksi pertanian Indonesia menerapkan kebijakan Revolusi Hijau. Salah satu kebijakannya adalah program ekstensifikasi atau yang dikenal dengan nama ….

A. Program Panca usaha Tani

B. Pencegahan pendirian bangunan dilahan pertanian untuk tempat mendirikan bangunan

C. Penerapan mekanisasi pertanian

D. Pemupukan dengan bahan kimia

E. Pembukaan lahan pertanian baru 


28. Perkembangan IPTEK yang demikian pesat di era globalisasi  dapat berdampak positif maupun negative di berbagai bidang kehidupan. Pengaruh positif perkembangan teknologi dalam bidang informasi dan komunikasi adalah….

A. tersediannya ATM di setiap Bank yang sering dibobol oleh oknum yang tidak bertanggungjawab

B. upaya peretasan data-data penting Negara oleh oknum yang sulit diidentifikasi

C. penggunaan ponsel secara berlebihan dapat merusak mata

D. penerapan e-learning di dunia pendidikan meningkatkan produksi kertas secara signifikan

E. adanya transaksi pembayaran dengan menggunakan apikasi


29. Revolusi Industri menandai dimulainya abad modern dengan penemuan-penemuan dan perkembangan IPTEK. Kereta api cepat pertama dikembangkan oleh Jepang tahun 1964 dengan nama ….

A. Shanghai Maglev

B. Talgo

C. Shinkansen

D. Alstom Euroduplex 

E. Shuriken




30. Perkembangan Teknologi dan Informasi di Era Modern ini begitu pesat. Salah satu dampaknya adalah pembelajaran dapat dilakukan dengan mengakses berbagai media seperti e-book, jurnal, dan artikel ilmiah di internet. Kondisi tersebut menunjukkan bahwa ...

A. teknologi informasi dan komunikasi bermanfaat bagi dunia pendidikan.

B. pendidikan pada era modern membutuhkan media elektronik.

C. pendidikan pada era  modern tidak terbatas pada ruang dan waktu.

D. teknologi informasi dan komunikasi mengurangi interaksi guru dan siswa.

E. pendidikan pada era modern tidak membutuhkan informasi dari guru.


31. Perhatikan data berikut ini!

1) Adanya pertentangan antar di Eropa yang disebabkan oleh perebutan daerah jajahan

2) adanya penyebaran ideologi dan perbedaan paham antara Amerika Serikat dan Uni Soviet

3) adanya kepentingan yang sama antara Amerika Serikat dan Uni Soviet untuk menjadi penguasa dunia 

4) adanya pertentangan antara paham demokrasi dengan paham fasisme yang berkembang antar beberapa negara

5) terjadinya persaingan di bidang militer dan pertahanan dalam kancah pertahanan dunia

Latar belakang munculnya Perang Dingin ditunjukkan pada nomor ....

A. 1), 2) dan 3)

B. 1), 2) dan 4)

C. 1), 2) dan 5)

D. 2), 3) dan 4)

E. 2), 3) dan 5)


32. Indonesia sebagai salah satu negara berkembang yang menjadi ajang perebutan pengaruh antara Amerika Serikat dan Uni Soviet pada masa Perang Dingin. Usaha yang dilakukan Amerika Serikat dalam memperoleh pengaruh di Indonesia ....

A. Amerika Serikat melibatkan diri dalam Perjanjian Renville

B. Menjadikan Indonesia menjadi negara komunis

C. Menjadikan Indonesia menjadi negara demokratis

D. Amerika Serikat menyediakan fasilitas dalam Perjanjian Linggarjati

E. Amerika Serikat melibatkan diri dalam Perjanjian Roem Royen


33. Dalam menjalankan tugasnya, anggota NATO membentuk sistem partner countries. Sistem tersebut dianggap efektif untuk menjalin hubungan baik dengan negara-negara di luar anggota NATO karena mampu ....

A. Menjalin hubungan baik dengan organisasi lainnya di luar organisasi keamanan

B. Mengajak negara bukan anggota NATO bekerjasama menciptakan keamanan bagi dunia internasional

C. Melakukan kerja sama di berbagai bidang dengan anggota organisasi keamanan lainnya

D. Memadukan sistem keamanan NATO dengan PBB dalam mengahdapi perang dingin

E. Melakukan kerja sama dengan organisasi ekonomi dunia dalam pembuatan persenjataan


34. Untuk ikut berperan menciptakan permaian dunia, masyarakt negara berkembang membentuk GNB. Salah satu faktor pendorong terbentuknya Gerakan Non Blok ....

A. negara-negara Utara dan Selatan terlibat kerja sama yang ekonominya saling merugikan

B. keinginan negara-negara yang baru merdeka untuk menciptakan blok baru menandingi Blok Barat dan Blok Timur

C. PBB tidak mampu menyelesaikan ketegangan yang terjadi antara Amerika Serikat dan Uni Soviet

D. keinginan untuk meningkatkan hubungan kerjasama bilateral antar negara-negara Asia dan Afrika

E. kekisruhan di dunia internasional karena kekuatan adidaya mulai memperebutkan kekuatan-kekuatan di luar Eropa





35. Indonesia tergabung dalam AFTA (Asean Free Trade Area) yang bertujuan menyediakan kawasan ASEAN sebagai tempat produksi yang kompetitif sehingga produk ASEAN memiliki daya saing kuat di pasar global. AFTA memberikan banyak manfaat bagi bangsa Indonesia dan berpengaruh terhadap perekonomian Indonesia. Peran Indonesia dalam AFTA adalah ....

A. Indonesia melakukan kolaborasi dengan negara-negara yang tergabung dalam AFTA secara intensif sehingga dapat meningkatkan aspek ekonomi dan budaya bangsa Indonesia

B. Indonesia berkontribusi dalam kegiatan perdagangan bebas dunia yang dilaksanakan AFTA sebagai organisasi ekonomi yang bergerak secara internasional

C. Indonesia berperan aktif sebagai anggota AFTA sehingga memberikan kemudahan mengakses modal investasi dari luar negeri

D. Indonesia mendukung keanggotaan AFTA sebagai bentuk kawasan bebas perdagangan dalam rangka meningkatkan daya saing ekonomi dunia

E. Indonesia menjadi pelopor organisasi AFTA dalam meningkatkan perekonomian di wilayah Asia Tenggara sebagai kawasan bebas perdagangan 


36. Perhatikan wacana berikut !






Terbaginya wilayah Jerman menjadi dua bagian seperti dijelaskan pada wacana dilatarbelakangi oleh....

A. Keinginan rakyat Jerman untuk berpisah

B. Keadaan politik Jerman yang tidak kondusif

C. Perselisihan negara sekutu setalah Perang Dunia II

D. Perbedaan sosial dan budaya penduduk Jerman

E. Perkembangan politik di setiap wilayah kekuasaan


37. Perhatikan wacana berikut !






Hikmah yang dapat dipetik dari wana tersebut adalah....

A. Kaum kulit hitam memiliki kekompakan sehingga mengalahkan dominasi kaum kulit putih

B. Tuhan menciptakan manusia dengan hak-hak yang tidak dapat diganggu gugat

C. Setiap manusia harus memperjuangkan hak-haknya tanpa memedulikan hak orang lain

D. Setiap manusia harus berjuang bersama kelompoknya untuk menghadapi penindasan kelompok lain

E. Setiap manusia harus mampu hidup berdampingan tanpa membedakan ras ataupun warna kulit


38. Perhatikan data-data dibawah ini

(1) Bergabungnya negara pecahan Yugoslavia Rusia

(2) Utang luar negeri yang menumpuk

(3) perpecahan antar etnis semakin menyeruak

(4) Setiap bangsa berupaya memisahkan diri

(5) Kebijakan Slobodan Milosevic hanya menguntungkan Serbia


Dari data di atas yang berkaitan dengan kondisi Yugoslavia setelah meninggalnya Bros Tito ditunjukkan oleh ....

A. (1), (2), dan (3)

B. (1), (3), dan (5)

C. (2), (3), dan (4)

D. (2), (4), dan (5)

E. (3), (4), dan (5)








39. Sebagai akibat dari agresi Irak ke Kuwait, terjadinya perang Irak melawan pasukan internasional yang dikomandoi Amerika Serikat. Meskipun dalam perang tersebut Amerika Serikat berhasil mengalahkan Irak akan tetapi tidak berhasil menangkap dan membunuh Sadam Husein. Akhirnya Amerika Serikat terus berupaya memerangi Irak dengan alasan ....

A. Irak melakukan pelanggaran resolusi DK PBB

B. mengancam stabilitas keamanan Timur Tengah

C. melakukan pencurian ladang minyak Kuwait

D. Irak menyimpan senjata kimia pemusnah massal

E. membebaskan bangsa Arab dari kekuasaan Irak


40. Konflik di Bangladesh berkaitan erat dengan perbedaan kultur antara wilayah Pakistan Barat dengan wilayah Pakistan Timur. Kondisi yang memicu konflik di Bangladesh adalah....

A. Pembangunan pangkalan nuklir oleh pemerintah Pakistan

B. Peresmian bahasa “Urdu” sebagai bahasa nasional

C. Perebutan wilayah Kashmir antara India dan Pakistan

D. Penggunaan bahasa “Bengali” oleh penduduk Pakistan Barat

E. Pendudukan wilayah Kashmir oleh penduduk Pakistan Timur


II. Jawabah pertanyaan di bawah ini dengan benar dan jelas!


41. Dalam melakukan penelitian sejarah terdapat proses proses yang harus dilalui secara urut. Sebut dan jelaskan 4 langkah penelitian sejarah tersebut !


42. Pada masa pendudukan Jepang di Indonesia banyak organisasi yang dibentuk oleh pemerintah Jepang. Salah satunya adalah PUTERA (Pusat Tenaga Rakyat). Jelaskan maksud dibentuknya PUTERA!


43. Berita mengenai proklamasi kemerdekaan Indonesia akhirnya tersiar ke tanah Eropa. Negara-negara Eropa tersebut memberikan dukungan positif terhadap kemerdekaan Indonesia sehingga PPB turut memberikan sikap atas kemerdekaan Indonesia. Jelaskan bentuk dukungan PPB terhadap kemerdekaan Indonesia!


44. Pada era saat ini teknologi dibidang transportasi makin canggih baik darat laut dan udara. Jelaskan perkembangan teknologi transportasi udara di Indonesia!


45. Salah satu bentuk imperialisme di Afrika adalah diterapkannya politik Apartheid. Kebijakan tersebut menimbulkan perlawanan dari masyarakat Afrika agar kebijakan itu dihapuskan. Jelaskan bentuk-bentuk politik Apartheid tersebut!