SOAL USBN SEJARAH INDONESIA (3) - InfoMerdekaBelajar. |

Postingan populer

Senin, April 25, 2022

SOAL USBN SEJARAH INDONESIA (3)

 1. Sejarah tidak berkembang ke arah masa depan dengan tujuan yang pasti, melainkan bergerak seperti garis lingkaran yang tinggi rendahnya diakibatkan oleh keadaan manusia, adalah pengertian sejarah menurut…..

A. Ibnu Khaldun

B. Kuntowijoyo

C. Sartono Kartodirdjo

D. Muh. Ali

E. Herodotus


2. Sejarah tersusun dari unsur ruang, waktu, dan manusia. Unsur tersebut menjadi penting karena...

A. Manusia hidup dalam ruang dan waktu

B. Sebelum waktu, ruang yang dominan

C. Ruang sangat dominan dalam sejarah

D. Ruang sifatnya netral

E. Ruang bersifat bebas


3. Perhatikan contoh historiografi berikut !











Historiografi di atas termasuk jenis historiografi modern karena....

A. Bersifat eropasentris

B. Bersifat kritis historis

C. Bersifat istanasentris

D. Bersifat religiomagis

E. Bersifat subjektif


4. Pertempuran Ambarawa yang terjadi pada tanggal 20 Oktober – 15 Desember 1945 diawali dengan kedatangan tentara sekutu yang diboncengi NICA dan mendarat di Semarang. Pertempuran tersebut dimulai pada tanggal 23 November 1945.Pertempuran berakhir pada tanggal 15 Desember 1945 dan Indonesia berhasil merebut Ambarawa. Urutan peristiwa sejarah tersebut menunjukkan konsep berpikir diakronik karena ....

A. peristiwa Ambarawa diuraikan memanjang dalam waktu tetapi terbatas dalam ruang

B. peristiwa Ambarawa diuraikan dari aspek sosial dan politik masyarakat Indonesia

C. terjadi perubahahan yang dapat mendorong pasukan Indonesia memenangkan pertempuran tersebut 

D. keberlanjutan dimana peristiwa tersebut memberikan semangat nasionalisme kepada para prajurit Indonesia

E. peristiwa tersebut menunjukkan adanya fakta sejarah yang dapat dijadikan bahan historiografi


5. Kehidupan manusia selalu diwarnai perubahan dan keberlanjutan. Kedua aspek tersebut senantiasa terjadi dalam kehidupan manusia, karena…

A. Manusia tidak belajar dari pengalaman

B. Kehidupan manusia dipengaruhi faktor alam

C. Kehidupan manusia bersifat dinamis

D. Manusia tidak dapat memprediksi masa depan

E. Manusia selalu ingin meningkatkan kehidupannya


6. Perhatikan keterangan berikut !

1) Pertambahan penduduk suatu daerah sangat cepat

2) Kehidupan manusia bersifat dinamis karena mengikuti perkembangan zaman

3) Perubahan dalam kehidupan manusia berkaitan dengan sebab akibat

4) Unsur sebab dan akibat menyebabkan proses perubahan dalam kehidupan manusia

5) Adanya pertentangan nilai dan norma dalam kehidupan bermasyarakat

Keterangan terkait dengan konsep keberlanjutan dalam sejarah ditunjukkan oleh nomor....

A. 1), 2), dan 3)

B. 1), 3), dan 4)

C. 2), 3), dan 4)

D. 2), 4), dan 5)

E. 3), 4), dan 5)


7. Perhatikan peninggalan prasejarah berikut!






Gambar tersebut menunjukkan corak kehidupan masyarakat praakasara yaitu masa ....

A. mengumpulkan makanan yang berfungi untuk alas gerabah

B. perundagian yang berfungsi sebagai senjata rakyat

C. meramu dan berburu yang berfungsi untuk menusuk binatang

D. bercocok tanam yang berfungsi untuk mencangkul tanah 

E. beternak yang berfungsi untuk memotong binatang


8. Perhatikan gambar proses penyebaran agama Hindu-Budha berikut !











Dari gambar di atas bisa diambil kesimpulan bahwa…

A. Kebudayaan Hindu/ Budha masuk ke Indonesia dibawa oleh golongan Brahmana

B. Kebudayaan Hindu/ Budha masuk ke Indonesia dibawa golongan Kesatria

C. Kebudayaan Hindu/ Budha masuk ke Indonesia dibawa golongan Sudra

D. Kebudayaan Hindu/ Budha masuk ke Indonesia dibawa golongan Waisya

E. Kebudayaan Hindu/ Budha masuk ke Indonesia dibawa orang Indonesia sendiri yang baru datang belajar dari India


9. Perhatikan keterangan berikut !

1) syarat masuk Islam sangat mudah

2) Islam tidak mengenal kasta

3) Islam disebarkan oleh para kyai

4) Islam disebarkan dengan cara damai

5) Upacara dalam Islam cukup rumit

Dari keterangan di atas, faktor-faktor yang menyebabkan Islam berkembang pesat di Indonesia ditunjukkan oleh angka....

A. 1), 2), dan 3)

B. 1), 2), dan 4)

C. 2), 3), dan 4)

D. 2), 3), dan 5)

E. 3), 4), dan 5)


10. Perhatikan Keterangan Berikut !

1) Mengenal Astronomi

2) Sistem Macapat/ mengatur Masyarakat

3) Seni Membatik dan Menenun

4) Seni Kaligrafi

5) Seni Membuat benda-benda dari Emas

Dari keterangan di atas yang termasuk nilai-nilai peninggalan budaya pada masa praaksara di Indonesia ditunjukkan oleh angka....

A. 1), 2), dan 3)

B. 2), 3), dan 4)

C. 3), 4), dan 5)

D. 1), 4), dan 5)

E. 2), 4), dan 5)


11. Majapahit merupakan kerajaan Nasional kedua, kerajaan ini bercorak agraris dan perdagangan. Kerajaan Majapahit tumbuh menjadi negara besar yang menguasai perdagangan dan pelayaran serta mencapai puncak kejayaan pada masa pemerintahan Hayam Wuruk (1350-1389 M). Faktor Majapahit menjadi kerajaan besar agraris dan perdagangan adalah ....

A. tanahnya subur banyak menghasilkan bahan-bahan ekspor, seperti beras dan kacang-kacangan

B. pusat kerajaan di tepi sungai besar sehingga hubungan dengan dunia luar sangat mudah

C. Majapahit terletak di daerah pedalaman dengan hasil perekonomian berupa hasil pertanian

D. masyarakat Majapahit pada umumnya bermatapencaharian sebagai petani sehingga hasil pertanian melimpah

E. masyarakat Majapahit memiliki kepandaian mengolah lahan pertanian sehingga banyak negara luar belajar bertani


12. Kerajaan Sriwijaya menjadi kerajaan maritim yang menguasai lalu lintas pelayaran dan perdagangan di Asia Tenggara. Kerajaan yang bercorak Budha ini memperoleh keuntungan dari komoditas ekspor dan pajak. Komoditas ekspor kerajaan ini antara lain adalah....

A. kayu gaharu, kapur barus, gading, timah

B. kayu cendana, kapur barus, cengkeh

C. kayu manis, rempah-rempah, kapur barus

D. cengkeh, rempah-rempah, tembakau

E. kayu wangi, kapur barus, cengkeh


13. Imperialism kuno yaitu penguasaan bangsa atau daerah lain dalam rangka memperoleh kekayaan berupa perak, emas, serta rempah-rempah dalam jumlah yang sebanyak-banyaknya dan tidak terlepas dari sistem aliran merkantilisme di Eropa. Pernyataan di bawah ini yang tidak benar terkait dengan paham ini adalah …..

A. Negara-negara Eropa pada awalnya berupaya saling memonopoli perdagangan

B. Berkembang pada abad ke XV sampai abad ke XVII di Eropa

C. Fokus pada peningkatan ekspor dan sebisa mungkin mencegah adanya impor

D. Pada awalnya hanya fokus pada logam mulia (Emas dan Perak)

E. Menekankan pada pihak swasta sebagai pelaku utama dalam kegiatan perekonomian


14. Tokoh-tokoh nasional Indonesia seperti Ir. Soekarno dan Drs. Moh Hatta bersedia melakukan kerjasama dengan pihak pemerintah pendudukan Jepang, padahal sebelumnya pada masa pemerintahan Hindia-Belanda mereka bersikap non kooperatif. Jepang memanfaatkan respon kaum nasionalis dan masyarakat Indonesia dengan membuat organisasi propaganda pertama di Indonesia.  Organisasi yang bersifat sosial kemasyarakatan tersebut adalah …..

A. GerakanTiga A

B. PUTERA

C. HEIHO

D. FUJINKAI

E. PETA


15. Berikut ini yang tidak termasuk isi perjanjian Bongaya adalah ….

A. Voc membangun benteng di Makasar

B. Pihak Barat selain VOC harus meninggalkan daerah Makasar

C. Makasar tidak wajib mendanai biaya perang

D. Makasar tunduk pada kesultanan Bone

E. Makasar harus menerima kebijakan monopoli perdagangan yang dijalankan VOC


16. Sumpah pemuda telah menjadi jiwa dan semangat yang terus terpatri dalam sanubari setiap pemuda, sehingga dapat diraih cita-citanya adalah …..

A. Ikrar sumpah pemuda

B. Berjuang bersama, bersatu

C. Bersatu kita teguh bercerai kita runtuh

D. Perjuangan cita-cita

E. Proklamasi kemerdekaan Indonesia 


17. Di Brebes Selatan terdapat beberapa Bahasa yang berbeda baik itu Bahasa Sunda, dan Jawa akan tetapi penduduk di Brebes Selatan selalu bersatu dalam berbagai hal apapun apalagi anak mudanya, nilai yang terkandung dalam situasi tersebut ketika dikaitkan dengan sumpah pemuda adalah …..

A. Jiwa yang Bersahabat

B. Jiwa yang Berdaulat

C. Jiwa yang Bersatu

D. Jiwa yang Adil

E. Jiwa yang SolidaritasSosial


18. Penjajahan bangsa Barat di Indonesia pada abad ke-19 telah memeras, menyiksa dan merebut hak-hak rakyat Nusantara. Perjuangan bangsa Indonesia terhadap penjajah hampir dilakukan diseluruh wilayah, terutama di daerah yang menjadi pusat kekuasaan penjajah. Ciri perlawanan bangsa Indonesia pada abad ke-19 adalah....

A. bersifat lokal/kedaerahan dilakukan secara sporadis

B. perjuangan menggunakan strategi perang gerilya

C. cara perjuangan menggunakan strategi diplomasi

D. melakukan kerjasama dengan penjajah Barat

E. menggunakan cara memecah belah kekuatan Barat 


19. Perhatikan keterangan berikut !

1) Masyarakat Indonesia mengenal musik internasional dan dansa

2) Masyarakat Indonesia mengenal seni arsitektur

3) Wilayah Indonesia terbagi menjadi 9 frefektur 

4) Masyarakat Indonesia menganut agama katolik dan protestan

Dari keterangan di atas, dampak penjajahan bangsa Barat ke Indonesia dalam bidang budaya ditunjukan oleh angka....

A. 1 dan 2

B. 1 dan 3

C. 1 dan 4

D. 2 dan 3

E. 3 dan 4

20. Pembagian status sosial pada zaman kolonial Belanda ditetapkan dalam peraturan hukum ketatanegaraan Hindia Belanda tahun 1027 M. Menurut peraturan tersebut penggolongan penduduk Indonesia dari atas ke bawah adalah....

A. Golongan Timur Asing, Golongan Eropa, dan Pribumi

B. Pribumi, Golongan Eropa, dan Timur Asing

C. Keturunan Arab, Golongan Eropa, dan Pribumi

D. Golongan Eropa, Golongan Timur Asing, dan Pribumi

E. Keturunan Cina, Golongan Eropa, dan Pribumi

21. Raffles sebagai penguasa Inggris di Hindia melakukan langkah-langkah untuk memperluas kedudukannya di tanah jajahan seperti dalam bidang ekonomi. Ia ingin memperbaiki tanah jajahan, termasuk ingin meningkatkan kemakmuran rakyat. Dalam pelaksanaan di lapangan menghadapi berbagai kendala. Budaya dan kebiasaan petani sulit diubah, pengawas pemerintah kurang, dominasi orang-orang Eropa dalam ekonomi masih terlihat. Kondisi ini tetap menyebabkan terpuruknya perekonomian pribumi karena ….

A. masa pemerintahan Raffles tersebut mengurangi pendapatan para bupati dalam memperoleh upeti karena langsung diolah oleh gubernur

B. penduduk mengalami keterbelakangan dalam pendidikan karena minimnya pendapatan mereka sehingga tidak mampu membayar sesuai kesepakatan pada masa Raffles

C. berkembangnya jumlah penduduk yang kelaparan akibat terhimpit kehidupan ekonominya yang dibatasi oleh kebijakan Raffles

D. Raffles berhasil melakukan pembaharuan perekonomian dengan menggerakan sewa tanah yang memberikan keuntungan kepada penduduk yang memiliki tanah

E. penduduk mengalami kerja rodi, perbudakan dan juga monopoli karena Raffles masih sulit melepaskan kultur sebagai penjajah

22. Perhatikan tabel berikut !

NO X

1)


2)

3) Segala bentuk penyerahan wajib dan kerja paksa dihapuskan

Munculnya golongan terpelajar di Indonesia

Bangsa Indonesia bisa membaca dan menulis sehingga bisa menjadi tenaga kerja di perusahaan


Y

1)


2)

3) Bangsa Indonesia menjadi tahu perkembangan yang terjadi di dunia luar

Timbulnya organisasi modern

Munculnya penggolongan masyarakat

Dari tabel tersebut, yang termasuk dampak penjajahan bangsa Barat di bidang Pendidikan ditunjukkan oleh kombinasi.....

A. X1), X2) dan Y1)

B. X1), X2) dan Y2)

C. X1), X2) dan Y3)

D. X2), X3) dan Y1)

E. X2), X3) dan Y2)

23. Proklamasi kemerdekaan memberikan dorongan semangat perjuangan bagi rakyat Indonesia. Pernyataan yang memberi tahu kepada bangsa Indonesia sendiri dan kepada dunia luar bahwa saat ini bangsa Indonesia telah lepas dari penguasaan negara lain. Makna proklamasi bagi kehidupan sosial bangsa Indonesia adalah ....

A. memberikan rasa bebas dan merdeka dari belenggu penjajahan dan propaganda bangsa lain

B. adanya kebebasan dalam melakukan perdagangan yang sebelumnya mengalami monopoli

C. kemerdekaan yang diperoleh bangsa Indonesia merupakan berkat rahmat Tuhan Yang Maha Esa

D. adanya peradaban baru dengan kebiasaan baru yang terbangun menjadi tradisi baru masyarakat

E. adanya pengakuan kedaulatan dari negara lain di dunia sebagai negara merdeka yang terlepas dari penjajahan

24. Dinamika politik dan pemerintahan Indonesia pada awal kemerdekaan pada masaDemokrasi liberal, para elite politik dan pemimpin bangsa masih mencoba menemukan konsep pemerintahan yang sesuai dengan kondisi bangsa. Kehidupan politik pada masa demokrasi liberal yaitu ....

A. partai politik berkembang secara kuantitas dan terciptanya kolaborasi antarpartai

B. kegiatan pemerintahan dijalankan oleh presiden dan mempertanggung jawabkannya kepada parlemen

C. sering terjadi pergantian kabinet akibat adanya mosi tidak percaya parlemen terhadap kabinet yang berkuasa tersebut

D. perdana menteri bertanggung jawab kepada presiden dan memberikan kepercayaan kepada parlemen

E. presiden bertugas sebagai kepala pemerintahan dan kepala

25. Perhatikan tokoh berikut !







Prestasi kabinet yang dipimpin tokoh pada gambar adalah . . . . 

A. membentuk pemerintahan dengan sistem zaken kabinet 

B. menyelenggarakan pemilihan umum untuk pertama kali 

C. menangkap pejabat negara yang terlibat kasus korupsi 

D. menyelenggarakan Konferensi Asia Afrika (KAA) 

E. menyepakati hasil Konferensi Meja Bundar (KMB) 

26. Sultan Hamengkubwono IX (12 April 1912-2 Oktober 1988) adalah Sultan Yogyakarta ke-9 dan Gubernur pertama Daerah Istimewa Yogyakarta serta pernah menjabat wakil presiden Republik Indonesia yang kedua. Beliau memiliki peran yang sangat besar dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Peran beliau dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia adalah  ....

A. menyediakan keraton Yogyakarta sebagai markas pejuang dan TNI ketika Serangan Umum 1 Maret 1949

B. menjadi tokoh utama memimpin perang dalam Serangan Umum 1 Maret 1949 melawan tentara Sekutu

C. menjadikan keraton Yogyakarta sebagai pusat pemerintahan Sementara Republik Indonesia

D. menjadi tokoh utama sebagai penggerak Serangan Umum 1 Maret 1949 melawan tentara Sekutu 

E. sebagai pemimpin negara menggantikan Soekarno dalam Serangan Umum 1 Maret 1949 

27. Perhatikan keterangan-keterangan dibawah ini :

1. Perikemanusiaan

2. Persatuan

3. Kesejahteraan rakyat

4. Keseimbangan lahir dan batin

5. Keadilan sosial

Moh. Yamin mengemukakan 5 asas dasar negara Republik Indonesia ditunjukkan pada nomor …..

A. 1 dan 3 

B. 1 dan 4 

C. 2 dan 3

D. 2 dan 4

E. Betul Semua

28. Perhatikan gambar tokoh dibawah ini!









          

Tokoh di atas, memiliki peran yang luar biasa dalam peristiwa proklamasi, sehingga sikapnya dapat kita teladani dengan …..

A. Membantu dan menolong golongan muda untuk menemui Soekarno dan Hatta

B. Rela mengorbankan jiwa dan raganya untuk terselenggaranya proklamasi kemerdekaan Indonesia

C. Menjadi mediator antara paham Indonesia dengan Jepang untuk diselenggarakannya proklamasi kemerdekaan

D. Menyumbangkan semua harta bendanya untuk membantu kemerdekaan Indonesia

E. Semangat pantang menyerah ketika menghadapi tentara Jepang yang menghalang-halangi proklamasi kemerdekaan Indonesia

29. Perhatikan tabel berikut !

NO X Y

1)

2)

3) Deklarasi Ekonomi

Bappenas

Gerakan Banteng Gunting Syafrudin

Sistek Ekonomi Ali Baba

Dana Revolusi

Kebijakan Ekonomi Terpimpin ditunjukkan oleh kombinasi . . . .

A. X1), X2), dan Y1) 

B. X2), X3), dan Y2)

C. X1), X3), dan Y2)

D. X2), X3), dan Y3)

E. X1), X2), dan Y3)

30. Perhatikan data berikut ini!

1. Republik Indonesia akan menjadi Negara Federal

2. Mengakui Indonesia secara de facto meliputi Sumatera, Jawa dan Madura

3. Pemerintah RI akan membagi wilayah Indonesia menjadi 8 karesidenan 

4. Akan membentuk Uni-Indonesia Belanda

5. Bentuk negara Federal tersebut disebut sebagai RI

Dari pernyataan diatas, yang termasuk isi dari perjanjian Linggarjati adalah …..

A. 1, 2, 3

B. 1, 2, 4

C. 2, 3, 4

D. 2, 3, 5

E. 2, 4, 5

31. Peristiwa Andi Aziz berawal dari tuntutan Kapten Andi Aziz dan pasukannya yang berasal dari KNIL (pasukan Belanda di Indonesia) terhadap pemerintah Indonesia agar hanya mereka yang dijadikan pasukan APRIS di Negara Indonesia Timur (NIT). Ketika akhirnya tentara Indonesia benar-benar didatangkan ke Sulawesi Selatan dengan tujuan memelihara keamanan, hal ini menyulut ketidakpuasan di kalangan pasukan Andi Aziz.  Upaya pemerintah dalam menghadapi pemberontakan Andi Aziz yaitu ....

A. PM. Hatta memerintahkan menangkap Kapten Westerling dan Sultan Hamid II namun Westerling berhasil lari

B. mengirim pasukan untuk melakukan operasi militer di Sulawesi Selatan yang dipimpin oleh Kolonel Kawilarang

C. Leimena mengajak Andi Aziz dan pasukannya untuk mengajak perundingan untuk sebuah kesepakatan

D. melakukan operasi 17 Agustus untuk mengamankan sumber-sumber minyak yang ada di sektor Sulawesi

E. mengirim pasukan dalam operasi Merdeka untuk melakukan perundingan antara Andi Aziz dan pemerintah

32. Perhatikan peristiwa-peristiwa berikut ini! 

1) Menculik dan membunuh 7 jenderal yang berseberangan dengan PKI 

2) Menguasai jaringan telekomunikasi 

3) Mengamankan presiden soekarno dan menyerahkan para jenderal kepada beliau 

4) Menguasai objek-objek penting pemerintahan 

5) Mengambil alih pimpinan dari presiden Soekarno 

Tujuan dari aksi G 30 S/PKI adalah, ditunjukkan oleh nomor ….. 

A. 1), 2), 3) D. 1), 3), 5) 

B. 1), 2), 4) E. 2), 3), 5) 

C. 1), 3), 4) 

33. Perkembangan teknologi sangat mempengaruhi kehidupan manusia. Manfaat yang diperoleh bangsa Indonesia dari penerapan teknologi dalam tingkat sederhana adalah …..

A. Membuktikan bahwa bangsa Indonesia memiliki rencana yang visioner

B. Menambah penghasilan negara sehingga masyarakat hidup sejahtera

C. Memanfaatkan segala potensi bangsa Indonesia untuk kepentingan bersama

D. Meningkatkan kemampuan generasi muda dalam menyelesaikan masalah bangsa

E. Mengurangi ketergantungan bangsa Indonesia dari pihak luar

34. Perhatikan gambar pelantikan presiden berikut !








Melihat gambar di atas, kebijakan presiden terkait dengan penyelesaian masalah Timor Timur adalah....

A. Meminta bantuan TNI untuk menyatukan kembali Timor Timur

B. Melakukan rapat bersama para menteri Kabinet Reformasi Pembangunan

C. Mengadakan jajak pendapat untuk warga Timor Timur

D. Melepaskan Timor Timur dari NKRI atas inisiatif sendiri

E. Menyerahkan sepenuhnya masalah Timor Timur kepada PBB

35. Pemerintah Abdurahman Wahid membawa perubahan dalam perkembangan pers. Presiden Abdurahman Wahid secara resmi menghapus Departemen Penerangan karena …..

A. Tugas-tugasnya digantikan oleh Dewan Pertimbangan Presiden

B. Tidak ada tokoh yang cakap memimpin Departemen Keuangan 

C. Dianggap menjadi penghalang bagi kebebasan berpendapat 

D. Tidak mampu memberikan saran dan pertimbangan politik bagi pemerintahan

E. Permintaan tokoh nasional agar pemerintah membubarkan departemen penerangan

36. Perhatikan keterangan berikut!

1) Belum tuntasnya penyelesaian kasus-kasus KKN oleh pemerintahan sebelumnya

2) Adanya desakan untuk menyelesaikan kasus-kasus korupsi secara transparan

Keterangan tersebut melatarbelakangi pembentukan sebuah lembaga pada masa pemerintahan presiden Megawati Soekarnoputri. Lembaga yang dimaksud adalah ….

A. Komisi Yudisial

B. Komisi Pemberantasan Korupsi

C. Mahkamah Konstitusi

D. Departemen Penerangan 

E. Dewan Pertimbangan Presiden 

37. Gerakan sparatis yang terjadi di Papua tidak pernah padam. Langkah yang dilakukan pemerintahan SBY-JK untuk meredakan gerakan sparatisme di Papua adalah …..

A. Melaksanakan referendum di Papua sesuai tuntutan kelompok sparatis

B. Membangun Infrastruktur modern untuk menarik simpati kelompok Sparatis 

C. Menerbitkan instruksi pelaksanaan operasi militer yang melibatkan TNI dan POLRI

D. Menyelesaikan masalah secara damai dengan mengadakan dialog dan pendekatan persuasif

E. Meminta bantuan PBB dan Organisasi Internasional dalam menyelesaikan sparatis di Papua

38. Kontingen Garuda merupakan bentuk nyata keterlibatan langsung Indonesia dalam menyelesaikan konflik-konflik di berbagai belahan dunia. Pasukan Garuda merupakan bagian dari Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang tergabung dalam bendera PBB yang bertugas sebagai “Peace Keeping Force”. Berdasarkan ilustrasi tersebut peran yang telah dilakukan Indonesia dalam mewujudkan perdamaian dunia yaitu ....

A. Presiden Soekarno mengirimkan kontingen Garuda III untuk membantu PBB dalam menyelesaikan konflik di Mesir

B. Brigjen TNI S. Sumantri memimpin kontingen Garuda XI untuk menyelesaikan konflik di Vietnam

C. Brigjen TNI Harsoyo memimpin kontingen Garuda VIII untuk menyelesaikan konflik di kawasan Teluk 

D. Wiyogo Atmodarminto memimpin kontingen Garuda IV untuk menyelesaikan konflik di Kongo

E. mengirimkan kontingen Garuda II yang dipimpin oleh Letkol Inf. Solichin untuk menyelesaikan konflik di Kongo

39. Peran pelajar dan mahasiswa selalu terdepan dalam perubahan politik dan ketatanegaraan Indonesia seperti terlihat pada gambar berikut !











Melihat gambar di atas, maka sebagai pelajar hendaknya kita....

A. Bersikap kritis dan menyalahkan kebijakan pemerintah

B. Bersikap apatis dan menyerahkan persoalan bangsa kepada para politisi

C. Bersikap responsif dan memberikan solusi terhadap persoalan bangsa

D. Bersikap dinamis terhadap perkembangan zaman

E. Bersikap kritis dan aktif menyebarkan berita keburukan pemerintah

40. Perhatikan beberapa pernyataan berikut !

1) Penambahan alokasi dana dalam APBN untuk program pendidikan

2) Mengubah cara berpikir dan cara pandang dalam melakukan pelayanan public

3) Mengupayakan pertumbuhan ekonomi yang tinggi dan berkualitas

4) Struktur organisasi harus ramping dan tidak boleh ada orang – orang dalam pemerintahan yang memiliki fungsi ganda

5) Kultur dan budaya kerja harus mengedepankan disiplin, tanggungjawab, kebersamaan dan gotong royong

Sasaran revolusi mental yang dicanangkan presiden Joko Widodo ditunjukkan oleh angka…

A. 1), 2) dan 3)

B. 1), 3) dan 4)

C. 2), 3) dan 4)

D. 2), 4), dan 5)

E. 3), 4) dan 5)



ESSAY

41. Mengapa  sejarah dapat dijadikan sebagai guru bagi kehidupan manusia ?

42. Kerajaan Majapahit merupakan kerajaan besar yang wilayahnya sangat luas. Tetapi kerajaan yang bercorak Hindu inii mengalami kemunduran di akhir abad ke-15, mengapa?

43. Jelaskan dampak positif dari pelaksanaan politik etis pada masyarakat Indonesia !

44. Dalam upaya mempertahankan kemerdekaan Indonesia melalui jalan diplomasi diadakan Perjanjian Linggarjati yang berlangsung pada tanggal 15 November 1946 di Linggarjati, Cirebon. Dalam perundingan tersebut, Indonesia diwakili oleh Sutan Syahrir, sedangkan Belanda diwakili oleh Prof. Schermerhom,  hadir pula Lord Killearn sebagai penengah dari Inggris. Jelaskan mengapa Perjanjian Linggajati Indonesia mengalami kerugian dan berikan contoh kerugiannya!

45. Presiden Joko Widodo menaruh perhatian lebih kepada pembanguan Tol Laut. Mengapa demikian?